Wabup Irup pada HUT Satpam ke 36 di Asahan
  • Senin, 30 Januari 2017 - 15:51:46 WIB

Wakil Bupati Asahan, H Surya tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-36 di halaman Mapolres Asahan, Selasa (10/1/2017).

Apel pagi tersebut tampak diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Asahan serta sejumlah personil Satpam se Asahan dan beberapa anggota Polri.

Dalam arahannya, Wabup membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol  Drs.M.Tito Karnavian yang bertemakan Kita Tingkatkan Kopetensi Profesi Satpam Indonesia Dengan Melalui Pelatihan Kopetensi Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Secara Profesional, Modern & Terpercaya (Promoter) Guna Menciptakan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja.

"Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas anggota satuan pengamanan, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, asosiasi bidang pengamanan serta seluruh stakeholder atas didikasi dan kerja samanya dalam menumbuh kembangkan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan," ungkap Surya.

Disamping itu, Wakil Bupati juga mengajak untuk serius berperan dalam membina profesi satuan pengamanan. Dikesempatan itu juga, orang nomor dua di Pemerintahan Kabupaten ini memberikan penghargaan kepada para Satpam yang berprestasi berupa hadiah piala, bingkisan dan lain sebagainya.

Dia mengingatkan bahwa kiprah Satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memelihara stabilitas Kamtibmas secara historis.

"Sebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri, keluarga maupun harta benda dilakukan tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa,"ujarnya saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Yang sudah berprestasi ini untuk dapat mempertahankan dan bagi yang belum diharapkan tingkatkan kinerja lebih baik kedepannya,"tutupnya.

Secara terpisah kasat Binmas Polres Asahan AKP Hasmarullah disela sela peringatan HUT Satpam di Asahan mengatakan pihaknya telah memberikan pelatihan sebanyak 250 Satpam dari sejumlah perusahan di Asahan dengan dua jenis pelatihan yaitu pelatihan tongkat dan borgol 

"Pelatihan borgol dilakukan oleh Aiptu Wan Rudi, sedangkan pelatihan tongkat oleh Aiptu R Sinaga dimana bertujuan untuk pendukung keamanan dan kenyamanan si Satpam  juga perusahaan yang ia jaga hingga menjadi modal bela diri saat mengemban tugasnya sebagai Satpam,”tukasnya. (HUMAS-2)